Vaksin Covid-19 Akan Dilayani Dengan Aplikasi P-Care

  • Whatsapp
Bagikan :

Fauzi Lukman

NTTTERKINI.ID, Kupang – Aplikasi P-Care versi Vaksin Covid-19 milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan, serta mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Untuk nantinya kami ada aplikasi P-Care yang digunakan sebagai media untuk proses screaning dan pelaporan fasilitas kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kupang, Fauzi Lukman, Selasa, 01 Desember 2020.

Aplikasi P-Care merupakan sistem informasi berbasis website yang sudah disediakan BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), seperti Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter Praktik Mandiri dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. 

Sistem informasi dalam P-Care pada umumnya mencakup data kepesertaan, riwayat pelayanan kesehatan, data kunjungan sakit maupun kunjungan sehat, data rujukan dan rujuk balik, serta riwayat peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Kini penggunaan aplikasi P-Care akan dioptimalkan untuk mendukung pemberian vaksin Covid-19.

“Kita harap dukungan ini akan memperlancar proses pemberian vaksin, data penerima valid, dan dalam hal pelaporan akan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik, serta dapat dipantau secara realtime,” tambah Fauzi. 

BPJS Kesehatan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kota Kupang sementara melakukan proses awal persiapan pemilihan fasilitas kesehatan dan tenaga medis serta melakukan pengenalan atau sosialisasi aplikasi yang nantinya di gunakan saat pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19. (Lid)

Baca Juga :  Hanya Peserta BPJS Kesehatan Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Pos terkait