Ratusan Karateka Uji Kenaikan Tingkat di Kodim 1604 Kupang

  • Whatsapp

Karateka sedang mengikuti UKT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 100 karateka dari tujuh dojo mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) tingkat Kota Kupang, NusaTenggara Timur (NTT) yang bertempat di Komando Distrik Militer (Kodim) 1604.
“Kota Kupang dan NTT secara umum memiliki banyak potensi melahirkan atlit-atlit terbaik, dan kegiatan ini merupakan dukungan Kodim 1604 dibidang olahraga beladiri khususnya karate,” kata Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1604 Kupang, Letkol Inf Sugeng Prihatin saat pembukaan ujikenaikan tingkat sabuk/kyu tingkat Kota Kupang, Minggu, 02 Februari 2020.
Pimpinan Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) NTT, Rolens Riwu Manu mengatakan lemkari dapat menjadi wadah bagi generasi muda yang memiliki semangat dan keberanian untuk dapat memaknai olahraga karate sebagai pembinaan karakter, disiplin dan mampu berprestasi dalam dunia olahraga yang sportif, sekaligus bertujuan membina generasi mudapotensial menghindari perbuatan dan pengaruh negatif dalam perkembangan jaman.
“Kami dari pengurus Lemkari daerah NTT, mengapresiasi perhatian Kodim 1604 terhadap dunia olahraga khususnya karate, sekaligus bersama-sama mempersiap generasi muda yang berkarakter, tangguh dan kuat menjadi generasi yang berprestasi,” kata Rolens.
Sensei dojo Kodim 1604, Darmawan mengatakan tujuan dari ujian kenaikan tingkat agar dapat mengetahui sejauhmana pemahaman dan penguasaan teknik para karateka tentang beladiri itu sendiri, sekaligusmenciptakan atlit karateka baru yang mampu bersaing di tingkat regional, nasional maupun international.
“Ujian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman, kemampuan dan penguasaan teknik para karateka tentang beladiri itu sendiri,” kata Sensei Darmawan.
Ujian kenaikan tingkat Kota Kupang tersebut diikuti 100  peserta dari tujuh dojo antara lain, dojo Asrama Tentara (Asten), Kodim 1604,Asrama Brimob, SMP 5 dan dojo SD Katolik Canossa Tofa. 
Dengan klasifikasi peserta dari sabuk putih (Shirobi) sebanyak 20 orang, sabuk kuning (Kiirobi) 20 orang, sabuk merah 20 orang, sabuk hijau (Modoriobi) sejumlah 20 orang, sabuk biru muda sebanyak 19 orang dan biru tua sebanyak 1 orang.
Ada beberapa tahapan seorang karateka dalam proses kenaikan tingkat yakni melalui tahapan Gashuku dan UKT dengan tiga materi yakni Kihon atau gerakan dasar sesuai tingkatan, Kata atau gerakan jurus dan Komite atau tanding satu dengan yang lainnya. (Lid)

loading...
Baca Juga :  Tiap Bulan, PMI Kota Kupang Siapkan 3 Ribu Kantong Darah

Pos terkait