Penyakit ISPA Tertinggi di Kota Kupang

  • Whatsapp
Bagikan :

Retnowati

NTTTERKINI.ID, Kupang – Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) masih menduduki peringkat tertinggi diserita warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ditangani di setiap Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Penyakit ISPA masih menjadi penyakit dengan urutan tertinggi yang ditangani puskesmas di kota Kupang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati, Selasa, 20 Oktober 2020.

Berdasarkan data,  ada tiga jenis penyakit yang menduduki peringkat teratas antara lain ISPA sebanyak 28.350 orang penderita, penyakit pada sistem otot dan jaringan sebanyak 10.237 penderita dan penyakit Dispepsia atau secara awam dikenal dengan penyakit maag tercatat sebanyak 10.108 penderita.

Penyakit Ispa adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang pada umumnya bisa menular melalui hawa dan juga sentuhan.

“Ini masih data sementara, selain ISPA, ada dua jenis penyakit yang juga masuk dalam urutan tiga besar penyakit tertinggi penderitanya yakni penyakit otot dan jaringan serta penyakit sindrom dispepsia atau secara awam dikenal sebagai penyakit maag,” tambah Retno.

Petugas kesehatan terus berupaya melakukan pencegahan dengan memberikan edukasi, penyuluhan dan sosialisasi kepada pasien yang datang ke puskesmas maupun turun langsung ke masyarakat tentang pentingnya pola hidup yang sehat dan baik. (Lid)