Ombusdman Temukan SMP Negeri di Rote Ndao Tanpa Fasilitas Listrik

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Ba’a – Berjarak dua kilometer dari kantor Bupati, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 di Desa Suelain, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) tanpa fasilitas listrik.

“SMPN yang berada di ibu kota kabupaten dan terletak hanya sekitar 2 kilometer dari kantor Bupati Rote Ndao ini belum berlistrik, sehingga sangat mengganggu kegiatan belajar,” kata Darius Beda Daton, Selasa, 12 Oktober 2021.

Menurut dia, di tengah upaya pemerintah menggenjot peningkatan elektrifikasi secara nasional hingga ke daerah melalui berbagai inovasi energi, justru masih terdapat kenyataan miris terkait fasilitas pendidikan di kota/kabupaten yang belum mampu menyediakan fasilitas listrik dalam menunjang pendidikan di era digital saat ini.

Secara nasional berdasarkan data Dapodik 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat sebanyak 8.522 sekolah yang belum teraliri listrik dan sebanyak 42.159 sekolah yang belum terakses internet.

Jumlah sekolah tanpa listrik paling banyak ditemukan di jenjang Sekolah Dasar (SD), yakni 6.857 sekolah. Kemudian disusul SMP sebanyak 1.123 sekolah, SMA sebanyak 229 sekolah, dan SMK sebanyak 313 sekolah.

Sekolah yang tanpa fasilitas listrik tersebut berada di beberapa  daerah antara lain NTT, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat dan Kalimantan Barat

“Listrik dan internet adalah komponen penting kegiatan belajar mengajar, karena itu wajib menjadi perhatian pemerintah,” tutup Darius. (*/Lid)


Bagikan :