Meski Dilarang Beberapa Sekolah Lakukan Belajar Tatap Muka

  • Whatsapp
Bagikan :

Sidang Banggar DPRD Kota Kupang

NTTTERKINI.ID, Kupang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih menemukan beberapa sekolah melakukan pembelajaran tatap muka khusus di sekolah swasta dan Sekolah Dasar Negeri (SDN).

Bacaan Lainnya

“Faktanya masih ditemukan dan terjadi pemandangan di jalan orang tua mengantar anak ke sekolah. Apakah belajar tatap muka sudah menjadi keputusan Dinas Pendidikan,” tanya anggota DPRD Kota Kupang, Epi Seran saat sidang Banggar, Rabu, 09 September 2020.

Kota Kupang masih ditetapkan oleh Satgas Covid-19 dalam kategori zona merah, sehingga dalam penyelenggaraan pendidikan dilarang untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka, sedangkan pembelajaran tatap muka hanya bisa dilakukan pada wilayah dengan status zona hijau dengan mengantongi atau memenuhi tiga syarat yakni ijin kepala daerah, persetujuan orang tua/wali, wajib protokol kesehatan disiapkan atau dipenuhi.

Baca Juga :  Kadis Nongkrong Diluar, Paripurna DPRD Kota Diskor

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Kupang, Okto Naiboho mengatakan sekolah swasta dan sekolah negeri yang menjadi temuan melakukan pembelajaran tatap muka sudah diberi surat teguran dan melarang keras bagi sekolah yang memberlakukan tatap muka, dan akan di monitoring, jika masih melakukan hal tersebut maka ijin operasional sekolah dicabut dan menginformasikan kepada publik bahwa sekolah tersebut tidak beroperasi lagi.

“Cerdas itu penting tapi selamat itu lebih penting,  khususnya  sekolah swasta sudah diberikan teguran keras, apabila masih ditemukan maka akan dicabut ijin operasional, sekaligus mengumumkan ke publik sekolah tersebut tidak beroperasi lagi,” kata Okto.

Surat Keputusan bersama  menteri agama, pendidikan, kesehatan dan menteri dalam negeri terkait penyelenggaraan pendidikan pada masa darurat Covid-19 di mtegaskan daerah yang masuk dalam zona merah atau orange, satuan pendidikan dilarang melakukan pembelajaran secara tatap muka. (Lid)

Pos terkait