Lomba Kebersihan Sekolah Upaya Edukasi dan Aksi Penghijauan

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Lomba kebersihan sekolah di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu upaya  membentuk karakter dan perilaku peduli siswa sekaligus berkontribusi melakukan aksi nyata penghijauan pada lingkungan sekitarnya.

“Ada lomba maupun tidak ada lomba, kebersihan di lingkungan sekolah tetap menjadi hal utama, karena kebersihan dan lingkungan yang hijau bagian dari karakter peduli dan cinta lingkungan,” kata Kepala Sekolah SD Negeri Oebobo II, Regina Aploegi, Selasa, 6 Desember 2022.

Menurut dia, sekolah menjadi tempat memberi teladan, mengajar dan mendidik siswa,sehingga  membentuk karakter  dan mulai berperilaku membiasakan diri menjaga kebersihan dan pentingnya membuang sampah pada tempatnya  agar lingkungan sekitar bersih dan nyaman.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurrikulum SMP N II Kupang, Daniel Bunga, mengatakan, kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal prioritas, seluruh komponen di sekolah memiliki tugas yang sama menata dan menjaga kebersihan, bebas dari sampah khususnya sampah plastik di lingkungan sekolah.

Perilaku dan karakter siswapun menunjukkan tingkat kesadaran yang tinggi untuk memperlakukan sampah dengan memilah sampah organik dan non organik, seperti sampah botol plastik kemasan yang dapat didaur ulang dan bernilai ekonomis.

“Untuk sampah sudah di pilah, mana yang organik dan mana yang non organik, karena sampah plastik ada yang bernilai ekonomis,” kata Daniel.

Mengurangi dan meminimalisir sampah plastik di area sekolah, dikeluarkan kebijakan untuk produk seperti jajanan yang dijual pedagang dilarang menggunakan kemasan plastik.

Lingkungan sekolah yang asri dengan berbagai tumbuhan hijau serta bebas dari sampah menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, bersih dan aman dalam melakukan aktifitas  belajar mengajar. (Lid)


Bagikan :