KJI NTT Raih Penghargaan Anugerah Karya Jurnalistik Antikorupsi

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Jakarta – Koalisi Jurnalis Investigasi (KJI) Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih penghargaan Anugrah Karya Jurnalistik Antikorupsi (AKJA) kategori liputan investigasi favorit yang di gagas oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

“AKJA menjadi sangat relevan dengan situasi kekinian yang dalam kondisi carut marut. Ini menjadi salah satu peluang, tantangan buat jurnalis untuk memperkuat fungsi kontrol. Yang menjadi pemenang dari NTT harapannya bisa menjadi stimulan untuk daerah lain,” kata Wakil Koordinator ICW, Agus Sunarynto saat malam penganugrahan AKJA 2021, Jumat, 22 Oktober 2021.

Menurut dia, AKJA menjadi relevan di tengah situasi kekinian di Indonesia, dimana situasi politik hukum dalam kondisi carut marut. AKJA menjadi peluang dan tantangan untuk melibatkan masyarakat sipil dan jurnalis memperkuat fungsi kontrol dan secara bersama mengawal demokrasi dan birokrasi yang transparan meski adapula regresi demokrasi.

Dimana ada kecenderungan aktivis yang kritis terhadap pemerintah di kriminalisasi, sehingga ini menjadi momentum konsolidasi bersama jurnalis dan masyarakat sipil memperkuat skill, metode, networking  untuk sama-sama mengawal birokrasi tetap transparan.

Salah satu wakil pemenang AKJA kategori liputan investigasi favorit asal NTT, Lidia Radjah mengatakan penghargaan yang diraih saat ini bukanlah suatu capaian, tapi awal baru kerja para jurnalis di daerah dalam menjalankan fungsi kontrol sosial dalam bentuk  tulisan jurnalistik  yang peduli gerakan antikorupsi.

“Penghargaan ini menjadi awal kerja bersama untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan dan upaya pemberantasan korupsi,” kata Lidia.

AKJA menjadi bentuk apresiasi sekaligus mendorong lahirnya karya – karya jurnalistik investigasi dalam isu korupsi yang digagas ICW, sekaligus menjadikan jurnalis sebagai mitra strategis garda terdepan dalam gerakan antikorupsi. (Lid)


Bagikan :