Kasus Bagi-bagi Tanah, Sejumlah Pejabat Ngaku Telah Kembalikan

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Sejumlah pejabat Pemerintah Kota Kupang (Pemkot),  Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan telah menyerahkan atau mengembalikan tanah kapling yang di bagikan oleh mantan Wali kota Kupang, Jonas Salean.

Salah satu pejabat yang sempat menerima tanah itu, Orson Nawa mengatakan saat pemberian tanah, dirinya sebagai pemohon warga Kota Kupang yang belum memiliki rumah saat itu.

Namun setelah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dirinya telah mengembalikan tanah kapling seluas 400 M². Pengembalian tanah itu ditandatangani dalam berita acara diatas materai pengembalian tanah secara sukarela.

“Tanda bukti pengembalian masih saya simpan dengan baik. Saat temuan BPK sudah saya kembalikan, waktu dibagikan sifatnya saya sebagai pemohon, karena saat itu belum memiliki rumah,” kata Orson Nawa, Rabu, 04 November 2020.

Direktris RS Kota, Marsiana Halek juga mengakui telah mengembalikan tanah tersebut seluas 500 M², namun hingga saat pengembalian dirinya tidak pernah mengetahui dengan pasti lokasi tanahnya.

Hak senada dikatakan Januar Dally bahwa telah mengembalikan tanah seluas 400 M² sejak 2018 saat menjadi temuan BPK dan penyerahan tersebut di tanda tangani dalam perjanjian pengembalian secara sukarela.

“Kami sudah kembalikan sejak tahun 2018,  saat di periksa BPK, begitu menjadi temuan langsung kita kembalikan,” tutup Januar.

Saat Sidang perdana, 3 November 2020, Mantan Wali Kota Kupang atau terdakwa Jonas Salean didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah membagi-bagikan tanah ke keluarganya dan sejumlah pejabat daerah. (Lid)


Bagikan :
Baca Juga :  Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Jonas Salean

Pos terkait