Kantor Bahasa NTT Adakan Uji Coba Dinamis UKBI

  • Whatsapp
Bagikan :

Syaiful Bahri Lubis

NTTTERKINI.ID, Kupang – Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melaksanakan uji coba Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi semua kalangan sebagai alat ukur standar mahir berbahasa Indonesia.

“Uji kemahiran Berbahasa Indonesia adalah alat uji yang standar, satu-satunya yang di miliki pemerintah, untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia secara tertulis maupun lisan,”kata Kepala Kantor Bahasa NTT, Syaiful Bahri Lubis saat sosialisasi UKBI melalui zoom, Senin, 14 September 2020.

Ia menjelaskan UKBI menjadi ukuran standar kemahiran berbahasa Indonesia secara tertulis dan lisan yang meliputi empat poin yakni mahir mendengar, membaca, menulis dan berbicara. UKBI menjadi instrumen yang valid dan handal guna mengukur kemahiran menutur bahasa Indonesia yang mencakupi aspek kemahiran pada jenjang terendah hingga tertinggi.

“UKBI ini juga merupakan instrumen yang valid dan handal untuk mengukur kemahiran seseorang menutur berbahasa Indonesia berdasar jenjang terendah hingga tertinggi atau istimewa,”tambah Lubis

UKBI di laksanakan sesuai  landasan hukum Permendikbud nomor 70 tahun 2016, PP nomor 82 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak berlaku pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, PP nomor 57 tahun 2014 tentang pengembangan, pembinaan dan perlindungan bahasa, sastra serta peningkatan fungsi bahasa Indonesia dan Undang-undang (uu) nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan.

UKBI akan di adakan terhitung 15-18 September 2020  dengan jumlah peseta sebanyak 100 orang yang akan di bagi dalam beberap sesi dan terdiri dari  para siswa dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah  Atas (SMA), Mahasiswa para guru, dosen, penyuluh kantor bahasa,peneliti dan beberapa komunitas masyarakat umum. penerjemah, jurnalis dan tenaga kerja asing. (Lid)