Jelang Kongres, Askab Sikka Ingin Perubahan di PSSI NTT

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Asosiasi Kabupaten (Askab) Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menginginkan ada perubahan di kepengurusan PSSI NTT pasca Ketua dan sekretaris PSSI Frans Lebu Raya dan Lambert Tukan.

“Kami ingin ada perubahan kepengurusan di tubuh PSSI NTT,” kata Sekretaris Askab Sikka, Viki da Gomes kepada wartawan, Jumat, 5 Maret 2021.

Asosiasi (Asprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar kongres PSSI guna memilih kepengurusan PSSI NTT pasca Frans Lebu Raya pada 4 Desember 2021 mendatang.

Sesuai jadwal seleksi asministrasi calon ketua, wakil ketua dan anggota komite eksekutif periode 2021-2025 disebutkan pendafraran calon dibuka pada 3 Juli- 3 September, verifikasi dokumen 4-6 September, pengumuman hasil verifikasi 7-9 September, pendaftaran banding 10-12 September, pengumuman hasil banding 13-15 September, pengumuman calon 16-18 September dan pelaksanaan kongres pada 4 Desember 2021.

Viki menilai ketua PSSI NTT, Frans Lebu Raya dan komite eksekutif tidak serius mengurus sepak bola NTT.

“Kami berharap ada perubahan kepengurusan di tubuh PSSI NTT. Pasalnya, ketua dan komite eksekutif harus benar-benar urus sepak bola. Jangan lepas kendali, lalu berikan kewenangan kepada sekretaris dan hanya mengurus dapur administrasi saja,” tegasnya.

Terkait siapa calon yang akan diusung Askab Sikka pada kongres nanti, dia mengatakan Askab Sikka akan mengikuti mekanisme yang berlaku.

Jika ada nama-nama calon yang diusulkan, mungkinkan saja Askab akan memilih salah satunya atau Askab Sikka akan mengusulkan nama lain.

“Tergantung mekanisme kongres. Bisa kami usulkan salah satu dari yang ada, atau mungkin kami usul nama lain,” tegasnya.

Dia mengakui pihaknya belum menentukan nama calon yang akan diusung, karena kepengurusan yang ada akan selesai, sehingga Askab masih mempersiapkan kongres untuk kepengurusan selanjutnya.

“Kami masih rapat internal untuk tetapkan tanggal kongres, mempertimbangkan situasi pandemi ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Frans Lebu Raya dan Lambert Tukan yang sudah memimpin organisasi yang minus malum.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak Frans dan Pak Lamber,” ujarnya.

Untuk diketahui beredar informasi di media sosial terkait sejumlah calon yang akan bertarung pada Kongres PSSI NTT, diantaranya Wakil Gubernur NTT,Yoseph Nae Soi, Wakil Ketua DPRD NTT, Kristian Mboeik, Jimi Sianto, Farry Djemi Francis, David Fulbertus. Untuk posisi sekretaris ada nama wartawan senior bidang Olahraga, Sipri Seko. (Ado)


Bagikan :