NewsPolitikPolkam

Indeks Demokrasi NTT Turun dari Kategori Baik ke Sedang

394
×

Indeks Demokrasi NTT Turun dari Kategori Baik ke Sedang

Sebarkan artikel ini
Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2020 mengalami penurunan, dibanding tahun sebelumnya atau dari kategori baik ke sedang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) NTT, Yohanes Oktavianus mengatakan IDI  NTT tahun 2020 sebesar 77,29 poin, atau berada pada peringkat 10 nasional.

“Jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, dimana IDI NTT mencapai 82,02 poin, maka terjadi penurunan,” katanya saat ekspose hasil IDI NTT, Kamis, 16 Desember 2021.

Menurut dia, ada beberapa indikator turunnya poin IDI NTT, diantaranya kebebasan berkeyakinan yang turun 6,43 poin, kebebasan dari diakriminasi 5,21 poin, partisipasi politik dalam pengambilan keputusan dan pengawasan pemerintah.

Peran DPRD 8,19 poin dan paling parah peran partai politik (Parpol) turun 77,14 persen.

Selain indikator, lanjut dia, ada juga sejumlah variabel yang mengalami penurunan, diantaranya perda yang dihasilkan DPRD dari 83,34 poin turun jadi 25,00 poin.

Kegiatan kadernisasi Parpol peserta pemilu dari 85,71 poin turun menjadi 0,00 poin atau terburuk.

Pengamat politik, Jhon Tuba Helan mengatakan ada tiga kategori dalam penilaian IDI, yakni kategori baik 80 poin keatas, sedang 60-79 poin, sedangkan buruk 60 poin kebawah.

“Selama ini, NTT belum masuk ketegori rendah, hanya baik dan sedang,” katanya.

Terkait penurunan poin IDI NTT di 2020, kata dia, ada empat faktor yang sangat mempengaruhi yakni pelaksanaan fungsi kadernisasi parpol, rekomendasi DPRD kepada eksekutif, Perda hasil inisiatif DPRD dan kebijalan Pemda dinyatakan bersalah oleh putusan TUN.

“DPRD saat ini melempem. Ditambah lagi hubungan pemerintah dan rakyat kurang harmonis,” tandasnya. (Ado)


Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *