NTTTERKINI.ID, Kupang – Hari ini Bank NTT merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke 62 sejak didirikan para 17 Juli 1962 silam, sudah banyak perubahan inovasi dan transformasi yang dilakukan Bank NTT mulai dari layanan konvensional ke layanan Digital Bank NTT.
“Usia 62 tahun bukanlah suatu perjalanan yang singkat, 62 tahun menjadi tantangan bagi Bank NTT untuk tetap konsisten dalam dunia perbankan dan siap mengikuti perkembangan dunia digitalisasi yang sangat cepat,” kata Plt Dirut Bank NTT, Yohanis Landu Praing dalam sambutannya pada perayaan HUT Bank NTT, Rabu, 17 Juli 2024.
HUT Bank NTT ke 62 ini mengangkat tema “Bertumbuh dalam Kebersamaan” yang terinspirasi dari perjalanan panjang Bank NTT dengan kepercayaan dan sinergi yang kokoh, menumbuhkan kesejahteraan bersama dengan semangat kebersamaan untuk membangun fondasi bisnis yang kuat bagi kemajuan dan kesejahteraan perekonomian masyarakat NTT.
“Sepanjang 62 tahun Bank NTT terus berkontribusi, dan telah melahirkan berbagai inovasi produk. Pengembangan produk-produk digital banking yang disesuaikan dengan kemajuan modernisasi, sehingga menjadi bagian tidak terpisahkan dari dinamika kehidupan masyarakat,” ujarnya.
Di usia 62 tahun, menurut dia, Bank NTT akan terus berinovasi dan berkomitmen untuk dapat terus maju dan berkembang dengan peningkatan layanan berbasis elektronik dan digital serta meningkatkan volume transaksi serta penerapan strategi yang efektif dan efisien antara lain:
“Beralih pada pilihan bisnis utama yang lebih fokus, optimal, modern, mudah, murah, adaptif, dengan kebutuhan perilaku konsumen/ lifestyle yaitu bisnis transaksional berbasis ekosistem, dan menjaga Cashflow positif sepanjang tahun 2024,” jelasnya.
Bank NTT, lanjutnya, akan fokus tiga elemen penting yakni Digitalisasi, layanan dan Culture.
1. Digitalisasi
Fokus pada kualitas layanan transaksi kecepatan, keamanan tanpa cacat/gagal dalam bertransaksi serta pelayanan perbankan 24 jam berbasis digital dan elektronik.
“Optimalisasi transaksi layanan perbankan bidang pendidikan, retail, pemerintah/swasta, dan kesehatan,” katanya.
Modernisasi transaksi pemerintah, pembayaran secara cashless, dengan menerbitkan KKPD Bank NTT melalui system pembayaran nasional secara non-tunai dengan jaringan merchant Bank NTT yang tersebar di seluruh wilayah NTT.
Optimalisasi Layanan Digital atau elektronifikasi pada semua unit layanan operasional, serta digitalisasi produk (Informasi Berbasis Digital, Transaksi Berbasis Digital, Komunikasi Berbasis Digital dan Distribusi Berbasis Digital).
2. Layanan dan Produk Funding dan Lending
Mewujudkan sinergi melalui kolaborasi kerjasama dengan berfokus pada hubungan kemitraan yang luas, baik dengan nasabah, pemerintahan maupun Swasta dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan perekonomian di Nusa Tenggara Timur.
Menerapkan strategi penghimpunan dana masyarakat dengan memperhatikan tingkat efisiensi dan fokus pada Dana Murah.
Mencari sumber pertumbuhan kredit baru pada segmen UMKM dan segmen yang lebih kecil dari mikro/ultra mikro.
3.bCulture
Diimplementasikan New Core Value “Bintang”.
Meningkatkan disiplin dalam kerja demi kemajuan dan kejayaan bank NTT berbasis KPI.
Meningkatkan kualitas prosedur internal, kompetensi karyawan/ talent management, guna memastikan bahwa semua aktifitas pekerjaan dilakukan sejalan dengan budaya kerja bank dan kode etik.
Dia juga menyinggung terkait bank devisa melalui pengembangan, revitalisasi, inovasi produk dana dan kredit Bank Devisa.
“Sinergitas dan kolaborasi layanan transaksi Bank Devisa. Akses kemudahan Layanan Keuangan Digitalisasi Bank NTT. Prospek peningkatan bisnis penggunaan layanan transaksi Bank Devisa,” katanya.
Dia menambahkan usia 62 tahun menjadi suatu tantangan Bank NTT untuk tetap eksis ditengah persaingan perbankan, maka sebagai salah satu upaya agar tetap dapat bertahan dan mampu menemukan solusi yang tepat adalah dengan bersyukur atas pencapaian pelayanan terbaik kepada masyarakat NTT.
“Ulang tahun ke 62 merupakan tekad segenap insan Bank NTT untuk terus bertumbuh dalam kebersamaan. Untuk diwujudkan dengan menjadikan Bank NTT semakin baik dan terus bertransformasi hingga saat ini Bank NTT menjadi bank kebanggaan masyarakat NTT,” pungkasnya.***