Hampir Empat Tahun Pimpin NTT, Viktor-Joseph Beberkan Sejumlah Keberhasilan

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat dan Joseph Nae Soi membeberkan sejumlah keberhasilan selama kepemimpinannya hampir empat tahun ini.

Sejumlah keberhasilan itu disampaikan Wakil Gubernur NTT, Joseph Nae Soi saat menggelar pidato menjelang HUT RI ke-77, Senin, 15 Agustus 2022.

Keberhasilan yang dibeberkan antara lain, penurunan angka kemiskinan. Dimana disebutkan angka kemiskinan di NTT mengalami penurunan pada Maret 2022 angka kemiskinan turun 0,94 persen atau setara dengan 14 ribu lebih orang sehingga angka kemiskinan kini berada pada 20,05 persen.

Wagub Nae Soi mengatakan, angka kemiskinan yang terus menurun itu menempatkan Provinsi NTT termasuk 10 Provinsi di Indonesia dengan penurunan angka kemiskinan tertinggi selama periode September 2021 sampai Maret 2022.

“Saya mengajak kita lebih fokus melawan musuh endemik yang selama ini membelenggu kita yakin kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan dengan memanfaatkan segala kakayaan sumber daya yang kita miliki,” kata Joseph.

Bidang Kesehatan, katanya, selama tahun 2021, jumlah kasus penyakit malaria sebanyak 9.419. Angka ini mengalami penurunan, jika dibandingkan dengan tahun 2020 sebanyak 15.341 kasus.

Sedangkan untuk kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), pada tahun 2021 terjadi 2.543 kasus dengan jumlah kematian mencapai 14 orang dan kasus ini menurun bila dibandingkan dengan tahun 2020.

Di Bidang Pendidikan, Joseph mengatakan pada 2021 realisasi APM mengalami kenaikan masing-masing untuk tingkat pendidikan SMP/MTs menjadisekitar 70 persen, SMA/SMK/MA menjadi sebesar 54 persen.

Sedangkan untuk tingkat SD/MI turun menjadi 96 persen. Ijin operasional sekolah pada tahun 2021 untuk tingkat SMA adalah sebanyak 30 sekolah, SMK 19 sekolah serta SLB 3 sekolah. Sementara untuk tahun 2022, izin operasional telah diterbitkan bagi 28 SMA, 23 SMK dan 3 SLB. Mutu pendidikan diukur dari perbaikan level akreditasi sekolah.

Di bidang Pariwisata, selama tahun 2021, Pemerintah berupaya melakukan penataan kelembagaan dan melanjutkan penyelesaian pembangunan infrastruktur penunjang berupa home stay, cottage, restauran, toilet, penyediaan air bersih, penyediaan listrik dan jaringan telekomunikasi pada tujuh lokasi pariwisata estate melalui kolaborasi dengan pelaku wisata terkait.

Keberhasilan lain yang dibeberkan yakni di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan, Investasi serta  perdagangan dan idustri.

Di akhir pidatonya, Wagub Nae Soi menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu atas segala ide-ide cerdas, kritik, perhatian dan segala tindakan baik bagi daerah ini.

“Mari kita satukan langkah dan komitmen untuk membangun NTT,” pinta Joseph. (*/Ado)


Bagikan :