Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah, Prodi Akutansi Undana Hadirkan 507 Peserta

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana (FEB Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rolland Fanggidae, mengatakan, penulisan karya ilmiah akan menghasilkas skripsi yang berkualitas melalui kajian akademik berdasar literasi data dan teknologi informasi.

“Kegiatan penulisan karya ilmiah ini akan menghasilkan skripsi yang berkualitas, bukan sekedar copi paste teori tetapi melakukan kajian akademik berdasarkan data dan informasi yang tersedia,” kata Rolland Fanggidae saat membuka Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa, Jumat, 8 Oktober 2021.

Kegiatan karya ilmiah ini digelar program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Undana yang melibatkan sekitar 507 perserta yang dilakukan daring dan offline.

Menurut dia, melalui pelatihan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa bertujuan menghasilkan skripsi berkualitas, tidak sekedar menjadi artikel jurnal tetapi melalui kajian akademik.

Skripsi akan menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dari para mahasiswa. Karena untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, salah satu kompetensi yang di tuntut adalah kompetensi akademik yang mengutamakan literasi data serta pemanfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini.

Ketua Program Studi Akutansi FEB Undana, Linda Lomi Ga, mengatakan, pelatihan penulisan karya ilmiah yang di laksanakan secara hybrid tersebut merupakan program reguler yang digelar untuk mahasiswa tingkat akhir sebagai pembekalan untuk menghasilkan penulisan karya ilmiah berkualitas yang disesuaikan dengan memenuhi kebutuhan dan dapat dipublikasikan di level nasional maupun international.

“Penulisan karya ilmiah ini selalu ada di semester akhir, kita membekali mereka untuk menghasilkan karya ilmiah berkualitas dan mampu dipublikasikan baik di level nasional maupun international,” kata Linda.

Salah satu mahasiswa peserta pelatihan penulisan karya ilmiah, Inrike Tari berharap usai pelatihan ini membuatnya bisa menulis karya ilmiah sesuai petunjuknya, terkonfirmasi dan sesuai fakta yang ada di lapangan.

“Kami semester 7 diwajibkan menulis proposal, sehingga kami bisa pahami kerangkanya, penulisan yang benar agar dapat menuliskan karya ilmiah yang sesuai guna mengajukan sebagai skripsi kami,” kata mahasiswa semester VII FEB Undana itu.

Pelatihan penulisan karya ilmiah diikuti oleh 507 peserta yang terdiri dari beberapa univesitas se-Indonesia  antara lain Undana Kupang, universitas Muhamadyah Kalimantan Timur, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sanata Dharma Yogjakarta, Universitas Bosowa Makassar, Universitas negeri Surabaya, STIKI Indonesia, Universitas Hang Tuah dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara. Pelatihan penulisan karya ilmiah tersebut dilaksanakan secara hybrid, luring dan online menggunakan aplikasi zoom. (Lid)


Bagikan :