Fotonya Ada di Uang Rp75 Ribu, Ini Cerita Ananda Saubaki

Bagikan :

Ananda Saubaki

NTTTERKINI.ID, Kupang – Ananda Saubaki, siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Naikoten I, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu anak yang termasuk dalam gambar anak-anak dengan balutan pakaian adat yang menghiasi uang pecahan Rp75 ribu yang diluncurkan guna memperingati HUT RI ke-75.

“Sebagai orang tua, kami sangat terkejut dan bangga, karena bisa menghiasi uang pecahan Rp75 ribu, sebagai tanda memperingati HUT Kemerdekaan RI,” kata orang tua, Moris Saubaki didampingi istrinya, Telly Saubaki- Saudila, Selasa, 18 Agustus 2020.


Menurut Telly, uang ini akan jadi bukti sejarah dari generasi ke generasi. Dimana, anak Timor gunakan pakaian adat Rote. “Saya sangat senang dan bangga sekali,” katanya.


Dia mengaku tidak menyangka foro anaknya akan menghiasi uang Rp75 ribu itu. Namun, pada 2019 lalu, Bank Indonesia meminta untuk mengirim foto anaknya dengan balutan pakaian adat.


“Setelah diminta saya langsung mengirim foto anak saya. Kebetulan ada tersimpan di Handphone,” kisahnya.


Dia mengaku tidak tahu foto itu akan digunakan untuk apa? Baru diketahui, ternyata guna menjaring siapa yang lolos masuk dalam seleksi pakaian adat. 


“Ternyata Ananda salah satu yang dipilih mewakili NTT, khususnya dari Kantor Perwakilan BI Nusa tenggara Timur,” ujarnya.


Setelah terpilih, kata Telly, tim dari Perum Peruri datang ke Kupang untuk mengadakan sesi pemotretan pada 7 Agustus 2019. 


“Hari ini baru saya mengetahui, ternyata foto setahun yang lalu itu, untuk mengisi gambar uang HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia. Ini akan jadi sejarah yang luar biasa,” tutup Telly. (Teco/Ado)


Bagikan :