Dua Kapal Cepat Garda Maritim Segera Beroperasi di NTT

  • Whatsapp
Bagikan :

Usack Benu

NTTTERKINI.ID, Kupang –  Dua lagi Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Garda Maritim milik PT Multi Guna (MG) Maritim akan segera beroperasi di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebelumnya KMP Garda Maritim 3 merupakan kapal pertama milik swasta yang telah beroperasi melayani rute Kupang-Rote pulang-pergi sejauh 40 mil dengan lama pelayaran tiga jam.

“Untuk kapal kita yang terbaru, yakni kapal kedua masih tetap dengan rute masuk rote, sehingga dalam sehari ada tiga kali trip,” kata Direktur Garda Maritim, Usack Benu, Kamis, 19 November 2020.

Adapun keunggulan kapal–kapal tersebut menggunakan teknologi baru yang menggunakan mesin di kiri dan kanan, sehingga hantaman gelombang dapat distabilkan.

KMP Garda Maritim juga dirancangan dengan tinggi car deck kapal yang didesain mencapai 4,5 meter, sehingga KMP Garda Maritim mampu mengangkut semua jenis kendaraan roda 4, termasuk truk besar dan  tronton.

Menurut dia, kapal kedua tersebut sementara dalam perjalanan menuju ke Kupang dengan target operasi pada Januari 2021 dan akan melayani rute Rote –Kupang, sedang kapal yang ketiga akan melayani rute Kupang-Labuan Bajo.

 “Kehadiran Garda Maritim di NTT semoga membawa dampak positif bagi masyarakat. Kapal ketiga, kita ingin ada rute ke wisata premium Labuan Bajo,” tambah Usack.

Hadirnya kapal-kapal tersebut semata bertujuan memperlancar arus penyebrangan sekaligus perputaran perekonomian antar pulau dalam propinsi NTT selain brtujuan memberikan pelayanan transportasi yang murah, nyaman dan cepat. (Lid)