Dinas Pendidikan Kebudayaan Tertinggi Korupsi

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang –  Inspektur Jenderal Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Chatarina Girsang mengatakan akan mengedepankan tindak pencegahan untuk menurunkan atau mengeluarkan dinas pendidikan dan kebudayaan sebagai rangking satu korupsi di Indonesia.

 “Saya tertampar, malu walaupun mungkin yang korupsi di pemerintah daerah. Ini jadi pekerjaan kita bersama menurunkan atau mengeluarkan pendidikan sebagai rangking satu korupsi berdasar data ICW,” kata Itjen Kemendikbudristek RI, Chatarina Girsang saat presscon Festival Cegah Korupsi, Rabu, 27 Oktober 2021.

Baca Juga :  Hampir Semua OPD di Kota Kupang Dapat Rekomendasi BPK

Bacaan Lainnya

Menurut dia, peringkat tersebut berdasarkan Data Indonesia Corruption Watch (ICW) tahun 2019 yang menempatkan dinas pendidikan pada peringkat pertama, disusul dinas Kesehatan dan dinas Sosial, sehingga pencegahan merupakan strategi utama di banding penegakan, karena melalui pencegahan dapat memutus mata rantai tindak korupsi.

Baca Juga :  Atribut Pasangan Calon Masih Gentayangan di Pohon

Tindak korupsi dilakukan dengan berbagai alasan antara lain karena kebutuhan, sistem dan sifat rakus oknum koruptor, karena berapapun gaji yang diterima masih melakukan korupsi, terlihat dengan maraknya para koruptor dari sejumlah pejabat dan para kepala daerah.

“Kebijakan kami,sejak tahun 2020 memperkuat pencegahan atau early warning sistem,melibatkan keluarga , mahasiswa sebagai basis menjaga integritas,”tambah Chatarina.

Festival cegah korupsi yang diselenggarakan oleh Itjen Kemendikbudristek melalui medsos yakni instagram, facebook, twitter, youtube, dan tiktok dengan tema Cegah Korupsi untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, Dosen, Pegawai, Tenaga Kependidikan, Keluarga dan Masyarakat sebagai media edukasi dan ajang kreativitas bagi pelajar dan mahasiswa untuk selalu kreatif dan kritis sesuai dengan salah satu tujuan dari Kampanye Cegah Korupsi yang mengusung tema “Berani Jujur Itu Keren” dan menyajikan berbagai acara dan kompetisi digital. (Lid)


Bagikan :

Pos terkait