Beri Kuliah Umum di Kupang, AHY Singgung Politik Identitas

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Direktur eksekutif the Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kuliah umum bagi ratusan mahasiswa di Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 6 Desember 2022.

Dalam kuliah umum yang bertemakan, “Menyiapkan generasi unggul bangsa menuju Indonesia emas 2045” itu, AHY menyinggung terkait tiga masalah di Indonesia, diantaranya persoalan ekonomi dan kesejahteraan rakyat,
demokrasi dan kebebasan serta keadilan dan penegakan hukum.

Masalah ekonomi, menurut AHY, keuangan Indonesia sangat terbatas, sehingga haruslah bijak menggunakan anggatan tersebut. Apalagi harga kebutuhan pokok dan Bahan Bakar Minyak (BBM) naik, sehingga berdampak pada daya beli masyarakat. Akibatnya inflasinya sangat tinggi.

“Kita harus lebih bijak gunakan keunganan negara, karena keuangan kita terbatas. Apalagi harga sembako meningkat, BBM juga naik. Akibatnya inflasi kita tinggi, karena daya beli rendah,” jelasnya.

Terkait demokrasi, jelas AHY, demokrasi Indonesia mengalami kemunduran, dengan adanya politik uang, Politik identitas dan fitnah. Karena itu, dia mengajak mahasiswa agar tidak terjebak politik uang.

“Mari kita cegah adanya politik identitas di Indonesia. Eksploitasi politik identitas. Hati-hati juga dengan berita hoax fan ujaran kebencian yang bisa timbulkan perpecahan,” ujarnya.

Masalah lainnya yakni keadilan dan penegakan hukum, kata AHY, masyarakat tidak boleh takut berbicara untuk ungkap kebenaran dan keadilan di negeri ini.

“Jangan ada yang merasa takut berbicara di negerinya sendiri.  Mari kita ungkap kebenaran dan keadilan. Jika tidak, kita terimindasi dan tertekan,” tegasnya.

Tiga persoalan ini, lanjut AHY, yang harus dicari solusinya, karena masa depan Indonesia hanya ditentutakan oleh Indonesia sendiri.

“Masa depan kita, hanya kita sendiri yang tentukan,” katanya

Dia juga menyinggung terkait empat pilar kebangsaan dalam kuliah umum tersebut.

Salanjutnya besok, Rabu, 7 Desember 2022, AHY akan melantik ketua-ketua DPC se-NTT di Gelanggang Olahraga (GOR) Oepoi Kupang. (Ado)


Bagikan :