Apotik “Tiga Radja “ Jadi Orangtua Asuh Anak Stunting di Kota Kupang

Bagikan :

NTTTERKINI.ID, Kupang – Apotik “Tiga Radja” di Jalan Amabi Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) jadi orangtua asuh yang membantu memberikan asupan gizi bagi 10 anak Bawah Lima Tahun (Balita) yang mengalami gizi buruk atau stunting di wilayah tersebut.

“Apotik Tiga Radja ini juga sebagai orangtua asuh dari 10 balita  dalam pengentasan anak stunting yang masih sangat banyak di wilayah kota Kupang,” kata dokter Andi Sihombing, saat grand opening Apotik, Sabtu, 19 November 2022.

Menurut dia, kehadiran apotik “Tiga Radja” berfokus pada penanganan anak stunting, karena kondisi keluarga yang terbentur masalah ekonomi, tingkat pengetahuan tentang nutrisi yang minim dan pengetahuan orangtua balita yang tidak memahami sanitasi dan kebersihan lingkungan.

Data Dinas Kesehatan per September 2022, tercatat total anak balita dengan stunting sebanyak 5.28, dan berdasarkan zona, Kecamatan Alak terdapat sebanyak 1.296 anak, Maulafa 1.252 anak, Kota Raja 558 anak, Oebobo 785 anak, Kota Lama 428 anak dan kecamatan Kelapa Lima sebanyak 961 anak  balita.

Salah satu orangtua Balita stunting di Kelurahan Maulafa, Rice Besa mengatakan dengan adanya apotik yang ikut berperan dan fokus terhadap persoalan stunting, memberikan sedikit kemudahan dalam memperoleh asupan gizi yang baik demi tumbuh kembang balita.

“Anak saya empat, yang kecil satu tahun tapi masuk dalam anak dengan gizi buruk, adanya apotik ini sebagai orangtua asuh membantu saya untuk bisa memberi makanan yang bergizi,” kata Rice.

Orangtua asuh balita dengan stunting berperan dan ikut berkolaborasi menuntaskan kasus stunting dengan pendampingan, memperhatikan kondisi kesehatan mereka. denganpemberian asupan gizi, nutrisi dan vitamin, sekaligus mengedukasi keluarga-keluarga yang memiliki anak stunting. (Lid)


Bagikan :