11 Ekor Paus Pilot Terdampar di Sabu Raijua

  • Whatsapp

NTTTERKINI.ID, Kupang – Sebanyak 11 ekor paus Pilot (Globicephala macrorhynchus) dilaporkan terdampar di pesisir pantai Lie Jaka, Kelurahan Ledeunu, Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (Samudra Hindia), Kamis, 30 Juli 2020.

Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Ikram Sangaji mengatakan pihaknya mendapat laporan dari Camat Raijua bahwa terdapat mamalia laut terdampar di Pantai Lie Jaka, Kelurahan Ledeunu, Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua. 


Awalnya paus yang terdampar berjumlah 5 ekor. 1 ekor berhasil dikembalikan ke laut, sedangkan 4 lainnya sudah dalam keadaan mati. Namun pada Pukul 11.03 WITA juga dilaporkan terdapat tambahan paus yang terdampar dengan kondisi mati berjumlah 3 ekor di lokasi yang berdekatan. 


Pada Pukul 13.00 WITA kembali dilaporkan terdapat paus yang terdampar berjumlah 3 ekor, sehingga total paus yang terdampar untuk saat ini  11 ekor, 10 ekor mati dan 1 berhasil dikembalikan ke laut.


Berdasarkan hasil identifikasi visual menunjukkan paus berjenis Short-Finned Pilot Whale dengan ukuran panjang sekitat 2,5-6 meter dan lebar 0,9-1,2 meter.

Ikram mengatakan penanganan sekarang sedang dilakukan penggalian lubang kubur oleh warga dan bangkai diamankan dengan cara diikat agar tidak kembali hanyut.

“Masih terdapat kemungkinan tambahan paus yang terdampar dikarenakan paus pilot merupakan paus yang hidup berkelompok dengan jumlah bisa mencapai 30 ekor untuk satu kelompok,” katanya.

Oleh karena lokasi stranding berada di pulau Raijua, Penanganan dilapangan dipandu oleh team Quick Respon BBKPN Kupang dan selanjutnya team BKKPN akan tiba di lokasi besok pagi untuk melakukan penanganan lanjut di lapangan. (Ado)

loading...